RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Disusun Untuk Memenuhi PPL Terpadu
Guru Pamong:
Drs. Faiz
Disusun Oleh:
DWIANTO
1206010012
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
2015
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
MTS Muhammadiyah Purwokerto
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Memahami Ilmu Pengetahuan pada Masa
Dinasti Abbasiyah.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1.
Menjelaskan Ilmu Pengetahuan pada Masa Dinasti Abbasiyah.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam (2 x 40 menit / 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan
Ilmu Pengetahuan Umum pada masa dinasti
Abbasiyah.
2.
Siswa dapat menjelaskan Ilmu pengetahuan Agama pada masa dinasti
Abbasiyah.
3.
Siswa dapat
menjelaskan Pengaruh Peradaban Islam pada masa dinasti Abbasiyah.
Siswa dapat menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
- Ilmu Pengetahuan Umum pada masa dinasti Abbasiyah.
- Ilmu pengetahuan Agama pada masa dinasti Abbasiyah.
- Pengaruh Peradaban Islam pada masa dinasti Abbasiyah
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1.
Guru bertanya mengenai
Ilmu Pengetahuan pada Masa Dinasti
Abbasiyah.
2. Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar Sejarah Islam.
3. Guru
memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan menyimpulkan materi yang telah
sampaikan.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
·
Guru menjelaskan Ilmu
Pengetahuan pada Masa Dinasti Abbasiyah.
2. Elaborasi
·
Siswa berdiskusi untuk mengetahui Ilmu Pengetahuan pada Masa dinasti Abbasiyah.
3. Konfirmasi
·
Menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami
dalam kelompok masing-masing, guru
sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas VIII .
·
LKS MGMP
/ MTS
Penilaian
Ragam Teknik Penilaian beserta Ragam Bentuk Instrumennya
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Tes tertulis
Non Test
|
·
Tes isian: isian
uraian
·
Keaktifan Siswa/i
|
LEMBAR SOAL
Mata pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Sekolah : MTS Muhammadiyah Purwokerto
Hari/Tanggal :
Waktu :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara singkat dan tepat !
1.
1.Jelaskan pengertian negara utama,negara
orang-orang yang bodoh ,negara orang fasik, negara yang berubah-ubah, dan
negara sesat menurut pengertian al-farabi
2. Sebutkan beberapa karya al-Gazali !
3. Sebutkan beberapa karya Al-farabi !
4. Jelaskan pengertian Ilmu Astronomi !
5. Bagaimana usaha-usaha mempelihara hadits!
6. Sebutkan beberapa penerjemahan yang ada dibaitul Hikmah !
7. Terangkan dasar-dasar pengambilan Hukum menurut Mazhab Hanafi !
8. Jelaskan pengertian Baitul Hikmah
9. Jelaskan hasil karya Al-kindi !
10. Sebutkan tokoh-tokoh ilmuwan
pada masa Abbasiyah !
LEMBAR
JAWABAN
1.pengertian negara utama,negara orang-orang yang bodoh ,negara orang.
fasik, negara yang berubah-ubah, dan
negara sesat menurut al-farabi
1) Negara utama(al-Madinah al-fadilah)
Negara yang
penduduknya berada dalam kebahagian
2) Negara orang-orang yang bodoh(al-madinah
al-jahilah)
Negara yang
penduduknya tidak mengenal kebahagiaan
3) Negara orang-orang yang fasik
Negara yang
penduduknya mengenal kebahagiaan,tetapi tingkah laku mereka sama dengan
penduduk negara orang-orang bodoh.
4) Negara yang berubah-ubah
Negara yang awalnya memiliki pemikiran dan pendapat yang dimiliki
penduduk negara utama,tetapi mengalami kerusakan.
5) Negara sesat (al-madinah al-Dallah)
Negara yang mengnggap dirinya mendapat wahyu.
2. Karya al-Gazali
a.Bidang
tasawuf
b.Bidang
filsafat
c. Bidang
fiqih
d. Bidang
logika
3.
karya
Al-farabi
Menulis buku
tentang filsafat,logika,jiwa,kenegaraan,etika,matematika,
sosiologi,pengobatan,interpretasi
terhadap filsafat Aristoteles, dan musik
Keluarga Barmak,
Dinasti Buwaihiyah, dan Dinasti Seljuk.
4.
Ilmu
Astronomi
Ilmu yang
mempelajari benda-benda langit seperti matahari,bulan dan planet-planet.
5.
usaha-usaha
mempelihara hadits
-
hafalan
hadis-hadis
-
perbaikan
susunan kitab hadist
-
mengumpulkan
hadis-hadis yang masih berserakan kedalam bagian-bagian yang lebih sistematis
-
membuat
kitab syarah atau penjelasan terhadap kitab-kitab hadis terdahulu
6. penerjemahan
yang ada dibaitul Hikmah
karya tulis yunani
terutama dalam bidang kedokteran dan
ilmu astronomi.
7.
dasar-dasar
pengambilan Hukum menurut Mazhab Hanafi
Al-Qur’an,sunnah
Rasullah saw,fatwa dari sahabat,kias,iktihsan,ijmak,dan urf.
8.
Pengertian Baitul Hikmah adalah lembaga ilmu
pengetahuan yang dirikan di bagdaq oleh khalifah al-Ma’mun
9.
hasil karya
Al-kindi
Karya-karya Al-kindi dikelompokan dalam
bidang filsafa,logika,ilmu hitung,musik,astronomi,psikologi,poitik,dan
meteorologi
10.
tokoh-tokoh ilmuwan pada masa Abbasiyah
Al-kindi
Al-farabi
Alr-Razi
Ibnu Sina
Ibnu Miskawaih
Al-Gazali
Jabir bin Hayyan
1)
Perluasan daerah islam
a.
Untuk Urian Berlaku ketentuan sebagai berikut :
1. Setiap
soal yang dijawab dengan benar diberi
skore 3
2. Setiap
soal yang dijawab mendekati benar diberi skor 2
3. Setiap
soal yang dijawab salah diberi skore 1
4. Setiap
soal tak dikerjakan diberi skore 0
b.
Skor akhir adalah
a. Uraian 3 x 10 = 30
= 30
Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh jumlah skor
maksimal x 100
Keterangan
Keterangan
1. Amat
baik (AB) =4 (90-100)
2. Baik
(B) =3 (75-89)
3. Cukup
(C) =2 (63-74)
4. Kurang
(K) = (68<)
Mengetahui Purwokerto,
07 Agustus 2015
Guru
Pamong Guru SKI
Drs. Faiz Dwianto
NIP. 196405302000031001 NIM. 1206010012
Mengetahui
Kepala Madrasah
Dra. Rasiwen
NIK. 641007.05.2.001
Saran
Kepala Sekolah :
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar